Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Soak atau Rusak

Tidak bisa di pungkiri bahwa Aki adalah satu elemen mutlak untuk mobil. Aki berpersoalan mengdampakkan mesin mobil tidak bisa dinyalakan. Peran aki makin mutlak pada mobil moderen yang tidak sedikit menggunakan feature perangkat elektips di dalamnya. Maka sebaiknya kamu mengenal tidak sedikit faktor mengenai aki mobil.

Dua type aki yang tak sedikit digunakan waktu ini yaitu aki basah dapat di sebut juga aki elektrolit cair dan dan aki kering alias aki elektrolit padat. Spesial untuk aki basah melindungi level air aki ada pada rentang upper level dan lower level. Bila level elektrolit aki tak lebih dari batas bawah, selekasnya di tambah. Postingan pada point pertama ini bakal memberi trik tutorial memelihara aki mobil basah dan aki kering agar awet.

Cara Merawat Aki Mobil Agar Tidak Soak atau Rusak

1. Bersihkan

Terminal aki kerapkali sehingga tempat penumpukan korosi yang dapat menghalangi arus listips dari aki ke kabel mutlak jaringan listips. Untuk bersihkan plak korosi pada terminal aki yakinkan mesin mobil dalam situasi mati.

2. Beri Selimut Penutup

Bila sangat mungkin berilah selimut penutup aki, untuk hindari aki terlampau panas alias terlampau dingin. Faktor seperti ini terlebih bila aki kerap terekspos oleh keadaan temperatur lingkungan yang ekstrim (sangatlah panas alias sangatlah dingin). Faktor seperti ini juga berlaku bila aki ada pas di belakang kipas radiator.

3. Berbagilah Pemanasan Sebelum saat Mobil Digerakkan

Pemanasan mesin sebelum saat mobil dikendarai bukan sekedar berkegunaaan untuk mesin tetapi juga untuk aki. Aki yang hangat berbagi kekuatan sediakan daya listips yang lebih paling baik.

4. Janganlah Menyalakan Perangkat Elektips Lain Sebelum saat Menyalakan Mesin

Nyalakan dahulu mesin mobil sebelum saat menyalakan alat elektronik lain. Berbagilah saat aki terisi penuh oleh alternator yang membuahkan listips sebelum saat dipergunakan oleh aksesories elektips penunjang terlebih yang memakai daya besar seperti AC, wiper, dan power window.

5. Matikan Dulu Perangkat Elektips Sebelum saat Mematikan Mesin

Mematikan alat elektips lain sebelum saat mematikan mesin akan meyakinkan bahwasanya waktu mesin di-start kembali, perangkat elektips lain dalam situasi mati. Aksi ini meyakinkan kamu (dengan tutorial tidak berniat) tidak meremehkan panduan nomer 4 diatas.

Demikianlah cara merawat aki mobil agar tidak cepat soak atau rusak. Tips perawatan ini dapat digunakan untuk aki basah maupun kering. Selamat mencoba dan semoag bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s